Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di KemenperinSaat ini semua smartphone yang masuk ke Indonesia memang diwajibkan sudah terdaftar di Kemenprin, hal ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memberantas ponsel Black Market (BM) di Tanah Air. Jika kalian membeli hp dari luar negeri maka bisa dipastikan ponsel kalian tidak terdaftar di Kemenprin, untuk itu kali ini kita akan bahas cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin.

Jadi dengan adanya cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin ini maka kalian tidak akan masalah untuk membeli smartphone dari luar negeri, terlebih jika perangkat tersebut memang kebetulan tidak tersedia di Indonesia. Atau bisa jadi kalian tidak sabar ingin memiliki hp tertentu akhirnya beli dari luar negeri.

Memang tidak ada salahnya, karena smartphone ini pun memiliki spesifikasi yang sama. Namun kendala umumnya smartphone yang beli dari luar negeri ini tidak tersedia bahasa infonesia. Sehingga dengan begini kalian bakal memiliki ponsel dengan bahasa international seperti Inggris.

Apa itu IMEI ?

IMEI merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity yang menjadi nomor identitas khusus dari setiap produk smartphone. Bisa dikatakan IMEI ini merupakan nomor NIK dari sebuah smartphone yang tidak mungkin memiliki kembaran dari perangkat lain.

BACA JUGA :  Cara cek resi Grab Express Same Day, Tepat dan Akurat

Peraturan pemerintah yang mulai berlaku sejak tanggal 18 April 2020 lalu ini menjadikan smartphone yang nomor IMEI tidak terdaftar di Kemenprin, maka ponsel tersebut tidak akan bisa digunakan di Indonesia. Untuk itu dengan adanya ulasan cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin ini menjadi sebuah solusi yang nyata untuk kalian yang kebetulan memiliki ponsel dari luar negeri.

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

Untuk cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin ini bisa kamu lakukan jika kebetulan ponsel kalian ini berasal dari luar negeri saat membelinya, sehingga tidak melalui Bea Cukai yang ada di Pemerintah Indonesia.

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

Untuk pendaftarannya sendiri bisa kamu lakukan melalui aplikasi daftar IMEI yakni Mobile Bea Cukai atau bisa juga dengan cara mengakses laman resminya di www.beacukai.go.id/register-imei.html. Nah untuk kalian yang ingin mendaftar IMEI melalui aplikasi ini, berikut ini kita bagikan caranya:

  • Langkah pertama tentu kalian harus memiliki aplikasi Mobile Bea Cukai, kalian bisa mendapatkannya di Play Store secara gratis
  • Setelah aplikasi ini terinstall, selanjutnya kalian buka aplikasi tersebut dan klik IMEI

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

  • Sebelumnya silahkan cek nomor IMEI dari smartphone kalian, dan periksa sudah terdaftar di Kemenprin belum
  • Jika belum, maka kalian akan digiring ke bagian pengisian formulir untuk pendaftaran
BACA JUGA :  Cara download game di laptop atau PC

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

  • Disini kalian bakalan diminta mengisi data diri dan data penerbangan
  • Isi data diri dengan lengkap sesuai dengan yang diminta, lalu klik Next
  • Langkah selanjutnya kamu bakal diminta memasukkan data detail dari smartphone yang kalian miliki
  • Setelah semua data terisi, klik Simpan dibagian bawah

Cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin

  • Setelah itu kalian simpan formulir dengan klik Complete, nantinya kalian bakal dapat QR Code serta Registration ID
  • Langkah selanjutnya kalian hanya perlu datang ke kantor Bea Cukai terdekat, nantinya petugas bakal melakukan scaning QR Code pada bagian pemeriksaan
  • Selesai

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara daftar IMEI untuk HP yang tidak terdaftar di Kemenperin, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.